Maso, Ridzky Gracia (2022) EVALUASI KINERJA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN POROS DESA FATUFIA KECAMATAN BAHODOPI KABUPATEN MOROWALI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.
Text
Judul.pdf Download (719kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (414kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (408kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (579kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (456kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (395kB) |
Abstract
Jalan merupakan salah satu prasarana yang sangat berperan penting dalam mobilitas masyarakat, sedangkan manusia sebagai pengguna jalan dan kendaraan sebagai alat transportasi yang saling berhubungan menjadi komponen penting dalam lalu lintas. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis serta mencari solusi untuk permasalahan kinerja lalu lintas yang terjadi di ruas jalan poros Desa Fatufia. Data yang sudah diperoleh baik itu data primer atau sekunder, merupakan data masukan untuk perhitungan dalam analisis kinerja lalu lintas. Untuk mempermudah perhitungan, maka analisa data dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer dan perangkat lunak Microsoft Excel, serta perhitungan arus kendaraan dan lain-lain dihitung berdasarkan pada pedoman PKJI (2014). Dari hasil penelitian didapatkan kapasitas ruas jalan sebesar 2.132,68 skr/jam. Tingkat kepadatan tertinggi terjadi pada hari Rabu minggu pertama di jam 05.30-06.30 pagi, dengan volume lalu lintas 10.332 kend/jam dan 6.259,7 skr/jam. Kecepatan arus bebas kendaraan ringan yaitu 44,67 km/jam. Dengan nilai derajat kejenuhan yang tinggi yaitu 2,94 dan kecepatan terendah 22 km/jam. Memiliki waktu tempuh 0,0136 jam (48,96 detik). Total arus lalu lintas yang melebihi besar nilai kapasitas ruas jalan merupakan penyebab terjadinya permasalahan lalu lintas. Upaya untuk memecahkan permasalahan lalu lintas pada ruas jalan yang diteliti, dapat dikoordinasikan oleh pihak pemerintah dengan perusahaan setempat, seperti pelebaran jalan dan menambah jalan alternatif menuju/dari perusahaan. Diperlukannya juga kesadaran masyarakat/pengguna jalan untuk menertibkan diri dan patuh pada aturan berlalu lintas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Perpustakaan UNSIMAR |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 06:46 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 06:46 |
URI: | http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/1535 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year