Sunoto, Henis (2022) KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 WATUAWU KECAMATAN LAGE KABUPATEN POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.
![]() |
Text
Judul.pdf Download (748kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (666kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (554kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (666kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (899kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 1 Watuawu Kecamatan Lage Kabupaten Poso dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam proses pembelajaran untuk indikator penggunaan waktu secara umum sudah baik, namun masih perlu peningkatan secara menyeluruh terutama proses pengolahan administrasi dan penyimpanan berkas sehingga memudahkan proses pekerjaan. Indikator kualitas kerja secara umum sudah baik meskipun demikian masih perlu ada peningkatan peran aktif dari beberapa guru yang memang selama ini masih di bawah dari kinerja guru lainnya. Indikator kuantitas kerja sudah sesuai dengan alur yang ada, namun tetap harus adanya upaya pemantapan sekaligus kajian dari guru terkait dalam jumlah pekerjaan atau tugas yang diberikan agar tidak menjadi beban bagi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran di Sekolah. Dan indikator kerjasama meskipun belum menyeluruh dapat dikatakan sudah cukup baik. Faktor yang mempengaruhi kinerja guru di SD Negeri 1 Watuawu Kecamatan Lage Kabupaten Poso yaitu faktor pendukung diantaranya kerjasama antar guru dan partisipasi siswa serta faktor penghambat diantaranya kedisiplinan guru serta sarana dan prasarana yang masih perlu peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik > Administrasi Publik |
Depositing User: | Perpustakaan UNSIMAR |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 01:58 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 01:58 |
URI: | http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/1507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year