Mokale, Fien Fitriani (2017) PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP EKOSISTEM SISWA KELAS VII SMP NEGERI SATU ATAP BARATI KECAMATAN PAMONA TENGGARA KABUPATEN POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Satu Atap Barati pada kelas VII selama 3 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Konsep Ekosistem siswa kelas VII SMP negeri Satu Atap Barati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment Designs. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One-group Pretest-Posttest Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah para siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Barati yang berjumlah 39 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik "Sampling jenuh" karena populasi relatif kecil, maka semua anggota populasi dijadikan sampel yang jumlahnya 39 siswa. Temuan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest adalah 69,2 dan nilai rata-rata posttest adalah 75,8 telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan oleh SMP Negeri Satap Barati pada pelajaran IPA khususnya materi ekosistem yaitu 65. Uji hipotesis dengan analisis uji t diperoleh hasil t^ng 14.422 dan ttabel = 1.685, Thitung lebih besar dari ttabei (14.422>1.685), sighitung 0,00 lebih kecil dari sigmjn 0,05 Hal ini berarti bahwa ada pengaruh metode brainstorming terhadap hasil belajar siswa pada materi pelajaran ekosistem.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UNSIMAR |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 00:59 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 00:59 |
URI: | http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/815 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year