ANALYZING TYPES AND LEVELS OF MULTILINGUALISM CODES REFLECTED ON EFL STUDENTS’ SOCIAL MEDIA POSTS

Mantadji, Raifida Nur Sayima (2023) ANALYZING TYPES AND LEVELS OF MULTILINGUALISM CODES REFLECTED ON EFL STUDENTS’ SOCIAL MEDIA POSTS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
Bab_1_dp.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab_2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab_5.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahasa, jenis dan tingkat campur kode yang digunakan dalam postingan media sosial mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Sintuwu Maroso. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan bahasa, jenis dan tingkat campur kode, sedangkan analisis menggunakan teori Maher (1995), Hoffman (1991) dan Suwito (1988). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 46 mahasiswa, hanya 9 mahasiswa yang menggunakan campur kode pada tulisan postingan media sosial mereka dengan 33 postingan. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mampu mempraktikkan multibahasa karena dapat menggunakan campur kode dengan mengkombinasikan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di tulisan media sosial mereka. Untuk tipe Campur kode tipe Intra-sentential lebih dominan karena terdiri dari 29 data, lalu terdapat 1 data dari tipe Intra-lexical dan 4 data dari tipe involving a change of pronunciation. Kemudian pada tingkatan campur kode, tingkat kata lebih dominan karena terdapat 19 data, tingkat frasa sebanyak 13 data, kemudian tingkat klausa sebanyak 3 data, tingkat baster sebanyak 1 data dan tidak ada data yang ditemukan dari tingkat repetition word dan tingkat idiom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:13
Last Modified: 04 Sep 2024 02:12
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year