PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA KONSEP KLASFIKASI MAHKLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI POSO KOTA

Soleha, Ija (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA KONSEP KLASFIKASI MAHKLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI POSO KOTA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif pada konsep klasifikasi mahkluk hidup terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Poso Kota. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 237 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dengan jumlah siswa 39 orang, Kelas VII C dengan jumlah siswa 38 orang dan siswa Kelas VH F dengan jumlah siswa 40 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Selanjutnya data dianalisis menggunakan rumus uji t melalui aplikasi SPSS versi windows 16. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas F sebesar 78 dan kelas C sebesar 76,31 yang lebih besar dari kelas kontrol. Dari hasil perolehan analisis statistik nilai signifikansi thitung > t tabel yaitu 13,554 > 1,980, sehingga diputuskan untuk menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif pada konsep klasifikasi mahkluk hidup siswa kelas VII di MTs. Negeri Poso Kota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:05
Last Modified: 30 Jun 2020 03:05
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year