Binangkari, Siti Hardianti (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK ALAT-ALAT OPTIK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TOJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Penguasaan Materi Pokok Alat-alat Optik pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Tojo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara "simple random sampling" dengan populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tojo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII A yang berjumlah 22 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan secara statistik dengan menggunakan rumus uji-t. Temuan- hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa yang meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi yaitu 86,13 sedangkan metode konvensional yaitu 76,90. Hasil perhitungan dengan uji-t diperoleh nilai thitung =/2,578 danr ttabel = 2,018. Sehingga, nilai thitung (2,578) > ttabel (2,018). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran demonstrasi berbasis pendidikan karakter terhadap penguasaan materi pokok alat-alat optik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tojo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Demonstrasi, penguasaan materi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan UNSIMAR |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 03:51 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 03:51 |
URI: | http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/227 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year