PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 TOJO KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Dapa, Aswandi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 TOJO KABUPATEN TOJO UNA-UNA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tojo Kabupaten Tojo Una-Una, jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan posttest-only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tojo dengan sampel siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melaiui tes hasil belajar penggunaan model pembelajaran inquiry dan tes hasil belajar metode ceramah pada materi sistem ekskresi. Data dianalisis dengan menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 80.36 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 76,79 berada diatas nilai rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan oleh guru yaitu 75. Berdasarkan hasil analisisujit mununjukan bahwa nilai thitung = 2,156 > ttabei = 2,0049. Menunjukan bahwa Ho ditolak dan menerima Hi, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tojo Kabupaten Tojo Una-una.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inquiry, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 04 Feb 2020 02:53
Last Modified: 04 Feb 2020 02:53
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year