PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP KUALITAS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDN 1 MASANI

Pelealu, Ninda Apriana (2024) PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP KUALITAS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDN 1 MASANI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
Bab_1_dp.pdf

Download (418kB)
[img] Text
Bab_2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
Bab_5.pdf

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar siswa di SDN I Masani. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, dikumpulkan melalui Observasi, wawancara dan Dokumentasi . Populasi dalam penelitian ini seluruh guru SDN I Masani dengan sampel 6 guru ( Wali Kelas). Dengan menggunakan Teknik Anlisis data yaitu metode kualitatif yang terdiri dari Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Pengambilan Keputusan. Berdasarkan hasil penelitian Kinerja guru yang baik merupakan kunci keberhasilan proses pembelajaran disekolah. Studi ini mengeksplorasi berbagai praktik terbaik yang diterapkan di SDN 1 Masani dengan upayaa meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa.Persiapan yang matang sebelum mengajar seperti penyusunan materi,penyusunan RPP dan penggunaan media pembelajaran yang tepat,menjadi landasan penting untuk kelancaran proses belajar mengajar. Selain itu guru berperan senagai teladan bagi siswa dengan menunjukan sikap dan perilaku positif seperti disiplin,sopan santun,tanggung jawab dan kepedulian.Ketika siswa mengalami kesulitan dalam mencapai hasil belajar yang di harapkan guru melakukan evaluasi untuk mengidentifikasi area atau bidang studi yang menjadi kendala pengembangan professional guru secara berkelanjutan melalui pelatihan dan wrorkshop sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan mengajar serta kemampuan menilai hasil belajar siswa.Pelatihan ini meningkatkan pemahaman guru tentang standar penilaian efektif,analisis data hasil belajar dan aspek lain terkait evaluasi data hasil belajar. Untuk mendorong keterampilan berpikir kreatif dan kritis guru memberikan tugas proyek,menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan serta melakukan observasi langsung menggunakan rubrik penilaian terst ruktur dan diskusi kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB238 Competition. Production
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:03
Last Modified: 30 Sep 2024 02:03
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/2103

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year