Eliaumra, Eliaumra (2017) Education For Sustainable Development. Jurnal Kependidikan, 10 (1). pp. 43-59. ISSN 1693-9123
![]() |
Text
Education_For_Sustainable_Development.pdf Download (252kB) |
Abstract
Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan adalah konsep radikal yang mencakup visi baru pendidikan yang berupaya memberdayakan orang-orang dari segala usia untuk bertanggung jawab dalam menciptakan dan menikmati masa depan yang berkelanjutan. EfSD adalah proses belajar sepanjang hayat untuk menjadikan warga negara cerdas, kreatif pemecah masalah, sadar sosial, bertekad dan bertanggung jawab untuk bertindak secara individu atau bekerja sama dengan orang lain. Kajian ini merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan ekonomi yang ramah dan berkelanjutan di masa depan, EfSD berfokus pada tiga pilar antara lain ekonomi, lingkungan dan hubungan sosial. Ketiga aspek ini saling bergantung dan tidak saling eksklusif. EDF merupakan bagian penting untuk mencapai tiga pilar pembangunan manusia, yaitu pembangunan ekonomi, pembangunan sosial dan perlindungan lingkungan. Teori EfSD adalah bahwa populasi baru tumbuh melalui pengelolaan yang tidak sesuai dengan produktivitas lingkungan alam di sekitarnya, dan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi yang dihasilkan justru lebih merusak dan mengganggu stabilitas alam. Contoh penerapan di Indonesia melalui program pendekatan seluruh sekolah adalah dengan mensinergikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan ke dalam seluruh sekolah dan pendidikan sekolah dan kehidupan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal |
Depositing User: | Perpustakaan UNSIMAR |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 00:40 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 00:40 |
URI: | http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/1570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year