Eliaumra, Eliaumra and Gala, Indri Novayanti and Rurua, Shelvy Ferawati (2021) Kemampuan Guru IPA Dalam Melaksanakan Pembelajaran Dan Evaluasi Berbasis Praktikum. Jurnal Kependidikan, 14 (1). pp. 25-38. ISSN 1693-9123
Text
Kemampuan-Guru-Ipa-Dalam-Melaksanakan-Pembelajaran-Dan-Evaluasi-Berbasis-Praktikum.pdf Download (186kB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan proses terstruktur yang mencakup berbagai aspek, yaitu tujuan, proses dan pemantauan. Proses pembelajaran akan efektif jika hal-hal tersebut digunakan sebagai referensi untuk mengidentifikasi kemungkinan strategi untuk mencapai tujuan yang mengharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan evaluasi berbasis praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian survey pendekatan kuantitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan angket berupa kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan evaluasi berbasis praktikum. Data hasil angket dianalisis dengan secara deskriptif dengan menggunakan rumus prosentase. Kriteria penentuan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan evaluasi berbasis praktikum yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat rendah. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan perencanaan praktikum berkategori sangat baik dengan presentase 85,58%, kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi praktikum sebesar 78,67% kategori baik, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru IPA dalam melaksanakan pembelajaran dan evaluasi berbasis praktikum berkategori sangat baik dengan presentase 82,13%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Jurnal |
Depositing User: | Perpustakaan UNSIMAR |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 03:38 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 06:30 |
URI: | http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/1568 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year