Pelio, Hendrawan (2021) PERENCANAAN JEMBATAN GANTUNG BOMBA-KOLORI KECAMATAN LORE SELATAN KABUPATEN POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.
![]() |
Text
JUDUL.pdf Download (847kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (515kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (766kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (643kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (730kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan merencanakan kembali sistim kabel utama dari jembatan gantung, yang sudah mengalami penurunan kondisi stabilitasnya, merencanakan kembali sistim gelagar jembatan yang sudah rusak dan merencanakan kembali sistim lantai jembatan dan sandaran yang sudah mengalami kerusakan. Dalam perencanaan jembatan gantung konsep yang digunakan adalah: Penyaluran beban yaitu beban bekerja pada plat lantai jembatan kemudian disalurkan ke balok gelagar, hanger, kabel utama, pylon, dan angkur beton ; mengingat geometri sistem kabel pada jembatan gantung dipengaruhi oleh beban yang bekerja, maka diasumsikan geometri kabel berbentuk kurva parabola dan pembebanan lalu lintas diupayakan pada kondisi beban kritis. Hasil yang diperoleh: Kabel utama yang ada menggunakan kabel diamater 28 mm, diganti dengan kabel jenis verotop P Grade 1960, diameter 32 mm dengan kuat batas minimum 93600 kg, sedangkan hangger yang ada menggunakan baja polos diameter 12, kabel jenis verotop P Grade 1960, diameter 12 mm dengan kuat batas minimum 1650 kg; gelagar memanjang yang ada menggunakan baja 3 buah gelagar kayu 5/10, diganti dengan 4 buah gelagar baja UNP 50. Sedangkan gelagar melintang yang ada menggunakan baja UNP 50 tunggal dengan jarak 250 cm, diganti dengan gelagar baja UNP 50 ganda dengan jarak antara gelagar 200 cm, dimana kuat leleh baja (fy) 1600 kg/cm2; Lantai jembatan yang ada menggunakan kayu kelas awet B, diganti dengan material lokal kayu kelas II dengan mutu A diperoleh dimensi lantai jembatan menggunakan kayu papan 3/25, sedangkan sandaran yang ada menggunakan kayu 5/7 diganti dengan menggunakan kawat harmonika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Perpustakaan UNSIMAR |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:28 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:28 |
URI: | http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/1370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year