ANALISIS REPRESENTASI GENDER DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INGGRIS. "WHEN ENGLISH RINGS A BELL FOR SEVENTH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL"

Fitrianingsih, Fitrianingsih (2019) ANALISIS REPRESENTASI GENDER DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INGGRIS. "WHEN ENGLISH RINGS A BELL FOR SEVENTH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL". Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
Judul.pdf

Download (501kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (335kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan representsi gender dalam buku teks bahasa inggris dan untuk mengetahui jenis kelamin yang di wakili secara setara dalam buku teks bahasa inngris yang berjudul "When English Rings a Bell For Seventh Grade Junior High School" jenis penilitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan enam aspek dari Logsdon yaitu, jumlah gambar wanita/pria, jumlah wanita/pria yang disebutkan, jumlah peran wanita/pria, jumlah permainan dan olahraga untuk pria/wanita dan pola pria/wanita. Hasil penelitian ini menggambarkan ada 267 gambar pria dan 219 gambar wanita, 176 pria disebutkan dan 171 wanita disebutkan dalam^buku teks, 1 permainan pria dan olahraga dan 1 pola menyebutkan nama wanita/pria. Dan dari semua aspek itu menunjukkan bahwa pria hamper mendominasi dalam semua aspek dibandingkan dengan wanita. Oleh karena itu, jenis kelamin direpresentasikan secara tidak merata dalam buku pelajaran bahasa Inggris "When English Rings a Bell For Seventh Grade Junior High School" tidak sama karena representasi laki-laki lebih dominan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 07 Jan 2021 01:50
Last Modified: 07 Jan 2021 01:51
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item View Item