PERANCANGAN PENAMPANG GELAGAR JEMBATAN BETON BERTULANG BALOK T BENTANG 22 M DENGAN BMS 1992

Mauludin, Suhartin (2020) PERANCANGAN PENAMPANG GELAGAR JEMBATAN BETON BERTULANG BALOK T BENTANG 22 M DENGAN BMS 1992. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (805kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (554kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil perhitungan gelagar jembatan beton bertulang balok T BM 100 berdasarkan BMS 1992 dengan spesifikasi teknik jembatan BM 100 tahun 1987 untuk bentang 22 m. Didalam penelitian ini fenomena atau gambaran yang akan di kaji adalah penarapan prinsip desain balok beton bertulang dengan penampang T yang digunakan sebagai gelagar jembatan. Metode yang digunakan adalah metode studi kepustakaan dengan menggunakan data perancangan dari spesifikasi gelagar jembatan tahun 1987 oleh Dinas Pekerjaan Umum. Hasil penelitian gelagar utama pada tengah bentang yaitu pada jumlah tulangan lentur positif, dimana spesifikasi SNI 1987 dengan kapasitas tulangan 24 ϕ 32 dan BMS 1992 dengan kapasitas tulangan lentur 30 ϕ 32. Tulangan lentur negatif dengan kapasitas tulangan terpasang untuk spesifikasi SNI 1987 yaitu 5 ϕ 32, untuk BMS 1992 yaitu 9 ϕ 32. Tulangan geser untuk spesifikasi SNI 1987 dan untuk BMS 1992 mempunyai kapasitas yang sama besar yaitu ϕ 10 – 200, Tulangan susut lapangan untuk spesifikasi SNI 1987 yaitu 4 ϕ 12 untuk BMS 1992 yaitu 12 ϕ 12. Pada gelagar utama bagian tepi, Tulangan atas jumlahnya yaitu 2 ϕ 32 untuk spesifikasi SNI 1987 dan 9 ϕ 32 untuk BMS 1992. Tulangan bawah jumlahnya yaitu 6 ϕ 32 untuk spesifikasi SNI 1987 dan 9 ϕ 32 untuk BMS 1992. Tulangan geser pada daerah tumpuan untuk spesifikasi SNI 1987 adalah ϕ 10 – 200 dan untuk BMS 1992 adalah ϕ 10 – 60, Tulangan susut tumpuan untuk spesifikasi SNI 1987 yaitu 4 ϕ 12 sedangkan untuk BMS 1992 yaitu 12 ϕ 12.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 08 Dec 2020 02:02
Last Modified: 08 Dec 2020 02:02
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item