PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN TERNAK (VITERNA) PADA PERTAMBAHAN BOBOT BADAN TERNAK BABI UMUR 8 – 16 MINGGU DI POSUNGA KELURAHAN PAMONA

Toheke, Obet Hagat (2020) PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN TERNAK (VITERNA) PADA PERTAMBAHAN BOBOT BADAN TERNAK BABI UMUR 8 – 16 MINGGU DI POSUNGA KELURAHAN PAMONA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
Judul.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (359kB)

Abstract

Pemeliharaan babi merupakan suatu kebiasaan turun temurun, babi banyak digunakan dalam acara adat atau keagamaan, mayoritas masyarakat beragama Kristen. Daerah Pamona Bersaudara merupakan daerah yang sangat potensial untuk pemeliharaan dan pengembangan ternak babi, dan ternak babi memiliki populasi tertinggi dibanding ternak kecil lainnya. Hal ini didukung oleh kondisi sosial budayanya, Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa produktivitas ternak babi semakin hari semakin menurun karena peternak dalam pemeliharaannya terbentur masalah pakan. Dikatakan demikian karena untuk menghasilkan produktivitas ternak yang baik maka seorang peternak harus memberikan pakan dengan kualitas tinggi dan sesuai kebutuhan ternak, sedangkan dipihak lain harga pakan ternak semakin meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan viterna pada pertumbuhan bobot harian ternak babi umur 8 – 16 minggu dan mengetahui prosentase viterna yang bisa direkomendasikan untuk pemberian pada ternak babi umur 8 – 16 minggu. Waktu penelitian dimulai pada bulan Desember 2019 sampai dengan bulan Januari 2020 di Dusun Posunga Kelurahan Pamona Kabupaten Poso. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah Pertambahan bobot badan ternak babi (gram/ekor/hari) dan Prosentase viterna yang di berikan pada ternak babi. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis Uji T sampel berpasangan. Hasil penelitian Uji T sampel berpasangan yang diolah lewat SPSS 26 menunjukkan bahwa penambahan viterna dapat memberikan pengaruh yang beda nyata(p≤0,005) terhadap pertambahan bobot badan ternak babi peranakan bali umur 8 sampai 16 minggu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Viterna, Pertambahan Bobot Badan
Subjects: S Agriculture > SF Farm
Divisions: Fakultas Pertanian > Peternakan
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:59
Last Modified: 26 Oct 2020 02:59
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item