ANALISIS PERBANDINGAN NILAI INDEKS SATUAN KERJA MENGGUNAKAN METODE TIME AND MOTION STUDY UNTUK PEKERJAAN PASANGAN BATA DAN PLESTERAN

Towimba, Immanuel (2020) ANALISIS PERBANDINGAN NILAI INDEKS SATUAN KERJA MENGGUNAKAN METODE TIME AND MOTION STUDY UNTUK PEKERJAAN PASANGAN BATA DAN PLESTERAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
Judul.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (268kB)

Abstract

Nilai upah dari pekerja proyek merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam perencanaan proyek. Besarnya nilai upah dari pekerja ditentukan oleh produktivitas dari pekerja tersebut yaitu kemampuan pekerja untuk dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dalam satuan waktu tertentu. Untuk itu perlu dilakukan studi lapangan terhadap indeks satuan kerja untuk pekerjaan jalan dan pekerjaan bangunan perumahan untuk jenis pekerjaan yang sama sehingga diperoleh perbandingan untuk keduanya serta menggunakan indeks satuan kerja pada SNI untuk gedung perumahan sebagai gambaran untuk nilai indeks satuan kerja yang diperoleh dari penelitian pada proyek drainase jalan dan proyek perumahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis nilai indeks satuan kerja untuk pekerjaan pasangan bata dan plesteran pada proyek perumahan di Ampana dan menganalisis nilai indeks satuan kerja untuk pekerjaan plesteran pada proyek perumahan di Ampana. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa perbandingan indeks satuan kerja berdasarkan pengamatan di lapangan untuk pekerja memiliki selisih 0,009 lebih kecil pada proyek drainase jalan dibandingkan pada proyek perumahan, untuk pekerjaan plesteran indeks satuan pekerja memiliki selisih 0,012 lebih besar pada proyek drainase jalan dibandingkan pada proyek perumahan, dan harga satuan pekerjaan untuk pekerjaan pasangan dinding bata memiliki selisih Rp. 7.310,00 lebih besar pada proyek drainase jalan dibandingkan pada proyek perumahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: nilai indeks, pasangan batu, plesteran
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:26
Last Modified: 26 Oct 2020 02:26
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item