PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM RESPIRASI KELAS XI DI SMA NEGERI 2 POSO

Pryastini, Ni Putu (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM RESPIRASI KELAS XI DI SMA NEGERI 2 POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
Judul.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (613kB)
[img] Text
Daftar-isi.pdf

Download (624kB)

Abstract

Penelilian ini bertujuan untuk mengelahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep sistem respirasi kelas XI di SMA Negeri 2 Poso. Populasi dalam penelilian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang berjumlah 93 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang dan siswa kelas XI MIA3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan rumus uji t melalui aplikasi SPSS versi windows 16. Temuan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 88 > 73. Selain itu hasil uji hipotesis bahwa nilai thitung 5,288 > ttabel 1,683 dan hasil signifikansi < 0,05. Yaitu 0,003 < 0,05. Maka H0 ditolak dan menerima Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep sistem respirasi kelas XI di SMA Negeri 2 Poso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:20
Last Modified: 09 Dec 2019 06:54
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item View Item