PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WATUTAU KECAMATAN LORE PEORE KABUPATEN POSO

Kisar, Melklinton (2017) PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WATUTAU KECAMATAN LORE PEORE KABUPATEN POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Watutau pada kelas VII selama 3 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode karyawisata terhadap hasil belajar konsep pengelolaan lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 1 watutau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment Designs. Rancangan penelitian yang digunaltan adalah One-group Pretest-Posttest Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah para siswa kelas VII SMP Negeri 1 Watutau yang berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik "Sampling jenuh" karena populasi relatif kecil, maka semua anggota populasi dijadikan sampel yang jumlahnya 31 siswa. Data dianalisis dengan rumus t-test dengan menggunakan bantuan aplikasi aplikasi SPSS 16.0 for windows. Temuan hasil penelitian menunjukan bahwa rata nilai pretest adalah 70,6 dan nilai rata-rata posttest adalah 79,5. Hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan dengan metode karyawisata. Diperoleh hasil thitung ( 10.731) lebih besar dari ttabel (1.695) dan taraf sighitung 0,00 lebih kecil dari sigmi„ 0,05 atau 5%, dengan demikian menerima hipotesis Ha yang menyatakan ada pengaruh metode karyawisata terhadap hasil belajar siswa konsep pengelolaan lingkungan SMP Negeri 1 Watutau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 12 Aug 2020 01:31
Last Modified: 12 Aug 2020 01:31
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item