PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JINGLE BUTTON TERHADAP SIKAP KERJASAMA SISWA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 BUNTA

Noman, Yulista (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JINGLE BUTTON TERHADAP SIKAP KERJASAMA SISWA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 BUNTA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik jingle button terhadap sikap kerjasama siswa konsep pencemaran lingkungan di SMP Negeri 2 Bunta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bunta yang berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah siswa 40 orang yang terdiri dari 20 orang siswa kelas VII.C dan 20 orang siswa kelas VII.D. teknik pengumpulan data adalah melalui angket dan wawancara dan dianalisis dengan menggunakan uji t-Test melalui program SPSS 16. Temuan hasil penelitian diperoleh nilai tuitung sebesar 22,789 dan ttabel sebesar 1,724 dengan hipotesis thitung > ^tabel yaitu 22,789 > 1,724 sehingga diputuskan bahwa hasil akhir angket kelas eksperimen lebih baik dari pada hasil akhir angket kelas kontrol. Pengambilan keputusan berdasarkan taraf nyata a = 5% dengan perbandingan nilai probabilitas (sig.) adalah probabilitas (sig.) < a yaitu 0,00 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik jingle button terhadap sikap kerjasama siswa konsep pencemaran lingkungan di SMP Negeri 2 Bunta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 12 Aug 2020 01:16
Last Modified: 12 Aug 2020 01:16
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item