PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KONSEP KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMPN 3 POSO

Manggarai, Suzi Andriani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KONSEP KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMPN 3 POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran make a match mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas VII konsep Kependudukan dan Lingkungan di SMPN 3 Poso. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasy experimental (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-only control group design melibatkan dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R). Sampel penelitian adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa 50 orang. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai rata-rata responden kelas eksperimen yang telah diberi post-test. Hasil analisis di peroleh dari hasil uji hipotesis bahwa thitung sebesar 13,94 dan diperoleh ttabel sebesar 1,67 dengan taraf signifikansi 5%, sehingga dapat diketahui bahwa thitung lebih besar daripada ttabel dan hipotesa nihil (Ho) ditolak dan Ha diterima. Yang artinya ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap pemahaman siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 12 Aug 2020 01:11
Last Modified: 12 Aug 2020 01:11
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year