STUDI TINGKAT PEMAHAMAN GURU IPA TENTANG MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMPN SEKECAMATAN POSO KOTA UTARA

Anggriani, Anggriani (2019) STUDI TINGKAT PEMAHAMAN GURU IPA TENTANG MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMPN SEKECAMATAN POSO KOTA UTARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru IPA tentang model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru IPA yang ada di SMP Se-Kecamatan Poso Kota Utara dengan sampel seluruh guru IPA di SMP Se-Kecamatan Poso Kota Utara yang berjumlah 11 orang. Data dikumpulkan dengan angket Teknik analisis data menggunakan rumus uji presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman guru IPA tentang model pembelajaran Problem Based teaming (PBL) di SMP Se-Kecamatan Poso Kota Utara pada indikator pertama terdapat 72% guru IPA yang paham, pada indikator kedua terdapat 72% guru IPA yang paham, Pada indikator ketiga terdapat 81% guru IPA yang sangat paham, Pada indikator keempat terdapat 72% guru IPA yang paham. Pada indikator kelima terdapat 81% guru IPA yang sangat paham dan pada indikator keenam terdapat 81% guru IPA yang sangat paham). Hal ini berarti pemahaman guru IPA tentang model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sudah baik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki guru dalam menerapkan model pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Guru IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 12 Dec 2019 06:07
Last Modified: 12 Dec 2019 06:07
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item View Item