PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI KONSEP PENANGANAN LIMBAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING SMA NEGERI 1 AMPANA KOTA

Panape, Nur Hikmah M (2017) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI KONSEP PENANGANAN LIMBAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING SMA NEGERI 1 AMPANA KOTA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Perbedaan prestasi belajar IPA Biologi konsep penanganan limbah di SMA Negeri 1 Ampana Kota.Metode penelitian quasi ekspererimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 169 siswa. Yang terdiri dari 4 kelas, yaitu : X MIPA 1 (43 orang), X MIPA 2 (41 orang), X MIPA 3 (41 orang) dan X MIPA 4 (44 orang). Sampel yang diteliti dilakukan dengan cara tehnik Purposive sampling. Sampel penelitian ini meliputi kelas X MIPA 2 (41 orang) sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 (41 orang) sebagai kelas control dengan total keseluruhan 82 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi lapang yaitu observasi, dan test hasil belajar. Teknik anatisis data secara statistik melalui uji-t Temuan hasil penelitian diperoleh nilai thitung3,15 lebih besar dari pada nilai ttabel 1,68 pada taraf signifikan 5% . Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran brainstorming. Selain itu x siswa menggunakan model pembelajaran brainstorming lebih tinggi 78,7 dibanding dengan x siswa tanpa menggunakan model pembelajaran brainstorming 69,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar IPA Biologi konsep penangan limbah menggunakan model pembelajaran Brainstorming SMA Negeri 1 Ampana Kota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 11 Aug 2020 01:54
Last Modified: 11 Aug 2020 01:54
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item