KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI HUTAN KOTA POSO SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA KELAS X DI KABUPATEN POSO

Saraswati, Saraswati (2019) KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI HUTAN KOTA POSO SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA KELAS X DI KABUPATEN POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keanekaragaman jenis tumbuhan paku (Pteridophyta) di Hutan Kota Poso sebagai sumber belajar siswa SMA kelas X di Kabupaten Poso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang bersifat eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah keanekaragaman jenis tumbuhan paku di hutan Kota Poso dan sampel dalam penelitian ini adalah tumbuhan paku. Data dianalisis dengan menggunakan rumus indeks keanekaragaman Shannon-Wiener. Temuan hasil penelitian terdiri atas 9 jenis yaitu Cyclosorus interruptus, Christella leveille, Lygodium flexuosum, Neprholepis hirsutula, Drynaria rigidula, Pyrrosia piloselloidesi, Hymenolepis spicata, Asplenium nidus L. dan Goniophlebium verrucosum. Hasil penelitian menunjukkan indeks keanekaragaman yang paling tinggi ditemukan di substransek 1 dengan nilai indeks keanekaragaman H = 0,5 kemudian diikuti substransek 3 yang memiliki indeks keanekaragaman H = 0,45 dan substransek 2 dengan nilai indeks keanekaragaman H = 0,44. Sehingga keseluruhan keanekaragaman dari ketiga substransek adalah sebesar H = 1,39. Dengan demikian dapat disimpulkan keanekaragaman jenis tumbuhan paku (Pteridophyta) di Hutan Kota Poso termasuk dalam kategori sedang dengan keanekaragaman spesies sedang dan stabilitas komunitas sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman, Jenis, Tumbuhan Paku, Sumber Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 12 Dec 2019 04:25
Last Modified: 12 Dec 2019 04:25
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item