EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KONSEP ANIMALIA (HEWAN) KELAS X IPA SMA NEGERI 3 POSO

Polutu, Nurjanah (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KONSEP ANIMALIA (HEWAN) KELAS X IPA SMA NEGERI 3 POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode market place activity terhadap hasil belajar pada konsep animalia (Hewan) siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Poso. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan analisis linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang berjumlah 209 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 6 sebanyak 34 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purpose sampling. Instrumen penelitian menggunakan soal evaluasi hasil belajar dan angket. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS Versi 21. Temuan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar biologi pada penerapan metode market place activity adalah 77, berarti metode market place activity ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada konsep animalia (Hewan) siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Poso. Selain itu, analisis hasil statistik menunjukkan bahwa metode market place activity memiliki hubungan positif dengan hasil beiajar (Y = 76,607 + 0,014x). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode market place activity efektif terhadap hasil belajar pada konsep animalia (Hewan) siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Poso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Market Place Activity, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 12 Dec 2019 03:54
Last Modified: 12 Dec 2019 03:54
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item