PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS X SMA NEGERI I LAGE

Tiaki, Desi (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS X SMA NEGERI I LAGE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan manusia siswa kelas X SMA Negeri 1 Lage. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 71 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelass X IPS1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 24 orang dan siswa kelas X IPS2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan ramus uji t melalui aplikasi SPSS versi windows 21. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitug > W>d yaitu 7.629 > 2.011. Selain itu nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan yaitu 80 dibanding dengan siswa kelas kontrol yaitu 68. Dengan demikian pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CPS (creative problem solving) terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan manusia di kelas X SMA Negeri 1 Lage.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model CPS (Creative Problem Solving), Hasil Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 12 Dec 2019 03:23
Last Modified: 12 Dec 2019 03:23
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item View Item