PERAN KOPERASI PEGAWAI NEGERI "SEJAHTERA UTAMA" DALAM MENINGKATKAN USAHA ANGGOTA DI KECAMATAN POSO KOTA SELATAN

Parainta, Vernando Yudistira (2017) PERAN KOPERASI PEGAWAI NEGERI "SEJAHTERA UTAMA" DALAM MENINGKATKAN USAHA ANGGOTA DI KECAMATAN POSO KOTA SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran KPN "Sejahtera Utama" dalam meningkatkan usaha anggota koperasi di Kecamatan Poso Kota Selatan dengan melihat perubahan jumlah pendapatan dan penyerapan tenaga kerja. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer, menggunakan teknik Observasi, Kuesioner, dan teknik Wawancara. Sedangkan data sekunder menggunakan teknik Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah usaha anggota koperasi kususnya di Kecamatan Poso Kota Selatan yang berjumlah 80 orang. Untuk menentukan sampel penelitian adalah dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling ( cara strata ) dengan metode alokasi proposional, yaitu menarik sampel dengan cara menggolongkan populasi berdasarkan ciri tertentu untuk keperluan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif, seluruh data yang terhimpun dianalisis secara deskriptif dan menggunakan tabulasi data sederhana. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan adannya bantuan modal usaha berupa kredit yang diberikan oleh pihak koperasi kepada usaha anggota di Kecamatan Poso Kota Selatan telah terjadi peningkaatan pendapatan dan perubahan penyerapan tenaga kerja, untuk penyerapan tenaga kerja usaha anggota koperasi telah terjadi perubahan yang sangat drastis. Sebelum menggunakan jasa koperasi guna menambah modal usaha, jumlah tenaga kerja yang terserap berjumlah 34 orang dan setelah melakukan peminjaman dan setelah melakukan pengembangan usaha, jumlah tenaga kerja berjumlah 55 orang atau mengalami peningkatan penyerapan tenaga kerja sebesar 21 orang. Begitu juga dengan pendapatan yang diperoleh anggota koperasi mengalami peningkatan yang bervariasi sesuai dengan kelas masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD4801 Labor. Work. Working class > HD4909 Wages > HD4950 Employee benefits
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 23 Jul 2020 01:25
Last Modified: 23 Jul 2020 01:25
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item View Item