PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH KOMBINASI PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 POSO PESISIR

Erfiana, Anita Alda (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH KOMBINASI PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 POSO PESISIR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Poso Pesisir melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kombinasi picture and picture pada konsep sistem pencemaan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Poso Pesisir yang berjumlah 28 orang. Temuan hasil penelitian diperoleh bahwa ada peningkatan dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase 78 % pada pertemuan pertama, 86 % pada pertemuan kedua, sedangkan pada siklus II dengan persentase 89 % pada pertemuan pertama dan 94 % pada pertemuan kedua. Hasil belajar siswa, pada siklus I nilai rata-ratanya sebesar 74 dan persentase ketuntasan klasikal 71 % dan hasil belajar "pada siklus II nilai rata-ratanya 82 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 89 %. Hal ini berarti hasil belajar siswa pada tiap-tiap siklus mengalami peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kombinasi picture and picture pada konsep sistem pencemaan manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Poso Pesisir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, make a match, picture and picture, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 12 Dec 2019 02:51
Last Modified: 12 Dec 2019 02:51
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item