KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN SURAT IZIN MENGEMUDI IZIN MENGEMUDI (SIM) PADA SATUAN LALU LINTAS KEPOLISIAN RESOR POSO

Astuti, Astuti (2017) KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN SURAT IZIN MENGEMUDI IZIN MENGEMUDI (SIM) PADA SATUAN LALU LINTAS KEPOLISIAN RESOR POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) Pada Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Poso serta mengetahu faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran fakta dari objek yang diteliti yaitu Kualitas Pelayanan Penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) Pada Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Poso secara umum dapat dikatakan belum optimal berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan indikator Kulitas Pelayanan menurut (Gasper 2002:22) yaitu : Transparansi untuk melayani masyarakat masih kurang mengerti dengan prosedur yang ada karena belum sama aturan yang ada dengan kenyataan yang diterapkan. Partisipatif menyatakan bahwa selama ini dari pelayanan yang diberikan masyarakat tidak menyampaikan langsung keluhannya kepada anggota Lantas agar menjadi alat ukur memperbaiki pelyanan. Kesamaan hak menyatakan kurang adil masih terdapat masyarakat yang didahulukan atau tiddak mengikuti prosedur yang ada tapi dilakukan penerbitan SIM. Keseimbangan hak dan kewajiban menyatakan yang memberi pelayanan atau dalah hal ini Sat Lantas tidak terlalu tegas. Kepastian waktu menyatakan penerbitannya berbeda-beda terkadang ada yang didahulukan. Berdasarakan hasil penelitian tersebut ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan Unit SIM Sat Lantas Polres Poso masih kurang memuaskan masyarakat karena dari Aspek pelayanan yang dilakukan oleh petugas terkesan masih terdapat perbedaan prioritas. Kesimpulan dan saran berkaitan dengan Sumber Daya Manusia agar dapat melayani masyarakat dengan baik, tegas dalam memberikan pelayanan serta tidak membedakan masyarakat yang datang membuat SIM. Sarana dan prasarana yaitu alat yang dipakai untuk ujian praktek ketrampilan sebaiknya ditambah sehingga dapat lebih menjadikan pelayanan Unit SIM Sat Lantas Polres Poso menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik > Administrasi Publik
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 09 Jul 2020 01:48
Last Modified: 09 Jul 2020 01:48
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item