PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP PRESTASI BELAJAR KONSEP SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM SISWA KELAS VIIC SMPN 2 POSO PESISIR

Desiana, Riska (2017) PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP PRESTASI BELAJAR KONSEP SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM SISWA KELAS VIIC SMPN 2 POSO PESISIR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode Brainstorming terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VII C di SMPN 2 Poso Pesisir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-experimental design dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Data pengambilan sampel dengan cara purposive sampling dengan besar sampel 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data dinalisis dengan menggunakan rumus t-test. Temuan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 17,11 dan nilai t tabel pada targf signifikansi 5% db=21 sebesar 2,08, yang artinya thitung > ttabel (17,11 > 2,08). Sehingga diputuskan untuk menerima Ha. Dengan demikian, ada pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan metode Brainstorming dalam pembelajaran IPA biologi pada konsep saling ketergantungan dalam ekosistem siswa kelas VII C SMPN 2 Poso Pesisir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 30 Jun 2020 06:52
Last Modified: 30 Jun 2020 07:19
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item