PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 POSO KOTA UTARA

Nurlaila, Nurlaila (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 POSO KOTA UTARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Poso Kota Utara. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan desain penelitian adalah posttest-group dengan menggunakan kelas eksperimen (penerapan model pembelajaran kooperatif GI) dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Poso Kota Utara. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan assignment random sampling yaitu mengambil 2 kelas yakni Kelas VHB dengan jumlah siswa 25 orang dan Kelas VHC dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumen sekolah. Uji hipotesis menggunakan uji-F yang menunjukkan bahwa nilai T hitung > Ttabel yaitu 4,194 > 1,714. Selain itu nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan yaitu 80,6 dibanding dengan model ceramah yaitu 57,6. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Poso Kota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 30 Jun 2020 04:01
Last Modified: 30 Jun 2020 04:01
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item