ANALISIS MARGIN PEMASARAN BERAS DI DESA KAMBA DAN DESA OLUMOKUNDE KECAMATAN PAMONA TIMUR

Leme, Gebrit (2017) ANALISIS MARGIN PEMASARAN BERAS DI DESA KAMBA DAN DESA OLUMOKUNDE KECAMATAN PAMONA TIMUR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bentuk saluran pemasaran beras dan perbedaan margin yang diterima pada setiap saluran pemasaran. Dalam pemasaran beras tidak lepas dari badan-badan penyelenggara kegiatan pemasaran baik itu pedagang pengumpul, pedagang perantara, maupun pedagang besar serta eksportir. Margin merupakan harga yang dibiayai oleh konsumen dikurangi harga yang diterima oleh produsen. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling kuota. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan melalui kuisioner untuk memperoleh sampel dari populasi yang terbaik. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran beras di Desa Kamba dan Desa Olumokunde, yaitu pertama dari petani ke pedagang pengumpul, pedagang pengecer, dan konsumen. Kedua dari petani ke pedagang pengecer dan kemudian ke konsumen. Margin tertinggi sebesar Rp. 100.000 per karung untuk beras super putih, mengkongga, dan cintana untuk pedagang pengumpul di Desa Kamba. Margin terendah sebesar Rp. 30.000 per karung untuk beras super putih, mengkongga, dan cintana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:29
Last Modified: 25 Jun 2020 03:29
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year