PENGARUH BERBAGAI JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK BOKASHI BATANG PISANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG PULUT (ZEA MAYS CERATINA. L)

Hadra, M. Mohamad (2017) PENGARUH BERBAGAI JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK BOKASHI BATANG PISANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG PULUT (ZEA MAYS CERATINA. L). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai jarak tanam dan dosis pupuk bokashi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung pulut. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Mapane Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso pada bulan Desember sampai dengan bulan Maret 2017. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial (Factorial Randomized Block Design) dengan 2 faktor yaitu faktor pertama jarak tanam J1 = 20 cm x 40 cm, J2 = 20 cm x 60 cm, J3 = 20 cm x 80 cm dan faktor kedua dosis pupuk Bokashi P0 = tanpa pupuk/kontrol, P1 = 5 ton/ha = 15 kg/petak, P2 = 10 ton/ha = 3 kg/petak, P3 = 15 ton/ha = 4.5 kg/petak. Hasil analisis menunjukkan bahwa jumlah daun 15 Hari Setelah Tanam (HST) berpengaruh nyata pada jarak tanam 20 cm x 40 cm dan berat tongkol biji berpengaruh nyata pada jarak tanam 20 cm x 60 cm, namun pada perlakuan pupuk bokashi serta interaksinya berpengaruh tidak nyata, sedangkan pada pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun 30 dan 45 Hari Setelah Tanam (HST), diameter batang, diameter tongkol, panjang tongkol, berat basah dan berat kering pada perlakuan jarak tanam, dosis pupuk bokashi serta interaksinya berpengaruh tidak nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 08 May 2020 02:22
Last Modified: 08 May 2020 02:22
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item