EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK DURIAN (Durio Zibethinus Murr) DI DESA KOROBONO KECAMATAN PAMONA TENGGARA KABUPATEN POSO

Bate, Desmon (2018) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK DURIAN (Durio Zibethinus Murr) DI DESA KOROBONO KECAMATAN PAMONA TENGGARA KABUPATEN POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penilaian kesesuaian lahan bermanfaat untuk mengetahui potensi sumber daya lahan dalam mendukung usaha tani dan memprediksi produksi yang dapat diperoleh serta tindakan-tindakan agronomis yang mendukung keberhasilan usaha tani, oleh sebab itu telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menentukan kelas kesesuaian lahan aktual bagi Durian di desa Korobono Kecamatan Pamona Tenggara Kabupaten Poso. Penelitian deskriptif dilakukan dengan cara survey, deskripsi profil dan pengambiian sampel tanah yang di analisis sifat fisik dan kimianya di Lab llmu Alamia Dasar Universitas Sintuwu Maroso dan Lab Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas kesesuaian lahan wilayah Kodina termasuk tidak sesuai (N) dengan faktor pembatas kedalaman tanah, wilayah Menci sesuai marjinal (S3,rc,na) dengan faktor pembatas, tekstur agak kasar serta kadar N dan K sangat rendah, wilayah Korobono Kodi sesuai marjinal (S3,na) dengan faktor pembatas, N dan K sangat rendah. Wilayah Pewatua sesuai marginal (S3,nr,na) dengan faktor pembatas KB dan NPK sangat rendah. Wilayah Marige sesuai marginal (S3,rc,nr,na,lp) dengan faktor pembatas tekstur agak kasar, kedalaman tanah, KB, pH, NPK sangat rendah dan batuan dipermukaan. Wilayah Langgoe sesuai marginal (S3,nr,na,eh) dengan faktor pembatas KB, pH, P & K sangat rendah, kemiringan lereng serta batuan dipermukaan. Wilayah Marosapa sesuai marjinal (S3,nr) dengan faktor pembatas KB. Faktor pembatas kedalaman tanah bersifat permanen (tidak dapat diubah) sehingga wilayah Kodina tidak cocok ditanami durian. Wilayah lain dapat ditanami durian apabila faktor pembatas diperbaiki dengan pemberian bahan organik, pupuk, kapur (dolomit) atau pembuatan teras.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: durian,kesesuaian lahan, sesuai marginal
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:06
Last Modified: 16 Mar 2020 03:06
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item