TINJAUAN YURIDIS TENTANG PENGANGKATAN DAN PEMBERENTIAN PERANGKAT DESA MENURUT PERATURAN DAERAH KABUPATEN POSO NOMOR 1 TAHUN 2018

Maid, Irsan Siswanto (2019) TINJAUAN YURIDIS TENTANG PENGANGKATAN DAN PEMBERENTIAN PERANGKAT DESA MENURUT PERATURAN DAERAH KABUPATEN POSO NOMOR 1 TAHUN 2018. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk menjelaskan pengaturan persyaratan dan mekanisme pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa menurut Peraturan Daerah Kabupaten Poso Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan (statuta approach) yakni menelaah norma peraturan perundang-undangan, dan pendekatan koseptual yakni pandangan-pandangan atau doktrin para ahli hukum. Untuk mendukung penelitian ini maka dilakukan pendekatan observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, mekanisme pengangkatan perangkat desa diatur dan dilaksanakan melalui tahapan persiapan yaitu pembentukan Panitia Pelaksana dan Tim Penguji, penjaringan yaitu pendaftaran bakal calon perangkat desa, penyaringan yaitu seleksi persyaratan administratif oleh Panitia Pelaksana dan ujian tulis oleh Tim Penguji, dan penetapan calon perangkat desa menjadi perangkat desa dengan surat keputusan Kepala Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengangkatan, Pemberentian Perangkat Desa, Peraturan Daerah
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K3400 Administrative law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 10 Dec 2019 07:52
Last Modified: 08 Jan 2020 01:10
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item View Item