PENGARAH MODEL RECIPROCAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 POSO PESISIR

Suarsih, Ni Luhde (2019) PENGARAH MODEL RECIPROCAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 POSO PESISIR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
Judul.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Reciprocal Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada konsep sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Poso Pesisir. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Poso Pesisir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Pengambilan sampel dilakukan secara Random sampling yaitu siswa kelas VIII C yang berjumlah 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A yang berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan pengujian persyaratan analisis, yaitu uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Temuan hasil penelitian ini diperoleh adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Reciprocal Learning terhadap kreatif siswa konsep sistem pernapasan manusia kelas VIII di SMP Negeri I Poso Pesisir. Hal ini ditunjukkan dari hasil, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikasi 0,01 < 0,05. Dengan demikian pada penelitian ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Reciprocal Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada konsep sistem pernafasan manusia kelas VIII di SMP Negeri 1 Poso Pesisir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model reciprocal learning, kreatif siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 03 Mar 2020 01:22
Last Modified: 03 Mar 2020 01:22
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item View Item