PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN, BIMBINGAN AKADEMIK DAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO POSO

Langkai, Juniarti I. (2018) PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN, BIMBINGAN AKADEMIK DAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pembelajaran, Bimbingan Akademik dan Pelayanan Administrasi terhadap kepuasan Mahasiswa Universitas Sintuwu Maroso Poso. Adapun populasi yang digunakan adalah mahasiswa semester 2 Universitas Sintuwu Maroso Poso. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan mengunakan stratified random sampling dengan sampel sebanyak 120 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunkan kuesioner. Data di analisis dengan alat computer statistical program for social scienci (SPSS). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y= 16,684+ 0,236Xi + 0,064X2 + 0,135X3. Berdasarkan analisis data statistik, setiap indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Hasil pengujian hipotesis yaitu uji T membuktikan bahwa variabel independen yaitu kualitas pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan, bimbingan akademik mempunyai pengaruh yang tidak signifikan, dan pelayanan administrasi berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai T hitung variabel kualitas pembelajaran sebesar 2.997 dengan signifikansi sebesar 0,003 < 0,05, nilai T variabel bimbingan akademik sebesar 0.993 dengan signifikansi sebesar 0,353 > 0,05 dan nilai variabel pelayanan administrasi sebesar 2.263 dengan signifikansi sebesar 0.025 < 0,05. Hasil uji F menunjukan bahwa kualitas pembelajran, bimbingan akademik dan pelayanan administrasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, dengan nilai F hitung sebesar 9.707 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi R2 yang diperoleh sebesar 0.201. Hal ini berarti 20,1% kepuasan mahasiswa ditentukan oleh variabel kualitas pembelajran, bimbingan akademik, dan pelayanan administrasi, sisanya yaitu 79,9% ditentukan oleh variabel lain. Dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,448% yang menunjukan hubungan sangat kuat antara variabel kualitas pembelajaran, bimbingan akademik dan pelayanan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan, kualitas pembelajaran, bimbingan akademik, pelayanan administrasi dan kepuasan mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD62.2 Service management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 24 Feb 2020 07:34
Last Modified: 24 Feb 2020 07:34
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item