TINJAUAN YURIDIS TENTANG JABATAN DAN KEWENANGAN SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH

Rigo, Ayu Marcela (2019) TINJAUAN YURIDIS TENTANG JABATAN DAN KEWENANGAN SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari pada Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menjelaskan. pengaturan jabatan Sekretaris Daerah menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, (2),' Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaturan kewenangan Sekretaris Daerah Kabupaten menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan (statuta approach) yakni menelaah norma peraturan perundang-undangan, dan pendekatan koseptual yakni pandangan-pandangan atau doktrin para ahli hukum Dari hasil penelitian diketahui bahwa, jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten adalah Jabatan Tinggi Pratama yang diisi oleh PNS yang memenuhi persyaratan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen PNS. Pengisian jabatan itu dilakukan secara transparan dan tidak diskriminatif melalui tahapan perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi, penetapan dan pengangkatan, dan diakhiri dengan pengambilan sumpah jabatan. Kedudukan Sekretaris Daerah Kabupaten adalah perangkat daerah yang bertugas membantu bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Kewenangan Sekretaris Daerah Kabupaten diperoleh dengan cara atnbusi, delegasi, dan mandat, tetapi substansi kewenangan itu masih sangat sempit dan terbatas. Kewenangannya itu dalam banyak hal bersumber dari mandat yang diberikan oleh Bupati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K3400 Administrative law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:16
Last Modified: 08 Jan 2020 01:19
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item View Item