PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT PADA PUSKESMAS TAGOLU KECAMATAN LAGE KABUPATEN POSO

Faradila, Faradila (2018) PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT PADA PUSKESMAS TAGOLU KECAMATAN LAGE KABUPATEN POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pelaksanaan fungsi manajemen terhadap pelayanan kesehatan masyarakat pada Puskesmas Tagolu Kecamatan Lage Kabupaten Poso dan mengetahui faktor penghambat dan pendukungnya. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan babwa pelaksanaan fungsi manajemen terhadap pelayanan kesehatan masyarakat pada Puskesmas Tagolu Kecamatan Lage yang diantaranya fungsi perencanaan (planning) yang dilakukan di Puskesmas Tagolu Kecamatan Lage secara umum sudah baik dengan disusunya rencana kegiatan manajemen agar lebih terarah. Fungsi organisasi (organizing) sudah terstruktur dan tertata dengan rapi sesuai dengan peraturan yang ada, tetapi masih ada pegawai yang merangkap pertanggungjawaban kegiatan-kegiatan yang direncanakan. Fungsi pelaksanaan (actuating) dalam hai SDM secara umum masih perlu peningkatan kuantitas dan kwalitasnya agar Puskesmas Tagolu bisa lebih baik atau meningkat kualitasnya serta perlunya motivasi dari pimpinan dan fungsi pengawasan (Controlling) sudah dilaksanakan tetapi belum sesuai dengan yang diharapkan, karena kurangnya pengawasan dari kepala dan pegawai puskesmas. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi manajemen diantaranya faktor pendukung meliputi komunikasi, informasi, peran dokter, sumber daya manusia, motivasi pasien dan kepatuhan pasien. Sedangkan faktor penghambat meliputi komunikasi, fasilitas pengaduan, fasilitas tenaga kesehatan dokter dan pengawasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Manajemen, Pelayanan Kesehatan
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik > Administrasi Publik
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 10 Feb 2020 07:05
Last Modified: 10 Feb 2020 07:05
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item