ANALISIS PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON DENGAN MENGGUNAKAN MATERIAL SUNGAI PUNA(POSO) DAN MATERIAL GUNUNG LOLIOGE(DONGGALA)

Kuswandari, Ade Rahmalia (2018) ANALISIS PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON DENGAN MENGGUNAKAN MATERIAL SUNGAI PUNA(POSO) DAN MATERIAL GUNUNG LOLIOGE(DONGGALA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik agregat halus dan membandingkan kelayakan antar agregat sebagai bahan campuran beton bermutu dengan acuan SNI-03-2834-2000. Subjek penelitian ini pada daerah sungai puna Kabupaten Poso dan gunung loli oge Kabupaten Donggala. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan pengambilan sampel agregat dilapangan. Hasil perbandingan kedua agregat yang diaplikasikan pada pengujian perencanaan campuran beton (mix design concrete) dengan komposisi berat sama, diperoleh mutu beton agregat sungai puna mencapai K-380 dan agregat gunung loli oge hanya mencapai K-420. Setelah melakukan pengujian mix design concrete menggunakan komposisi berat sama dan komposisi berat beragam. Dapat disimpulkan bahwa komposisi perbandingan butiran antar agregat sangat berpengaruh pada hasil kuat tekan beton. Terlihat jelas pada perbandingan hasil kuat tekan beton pada dua jenis sampel yang memberi perbedaaan nilai jika komposisi antar agregatnya diubah. Maka jika ditinjau dari karakteristik agregat dan konsistensi hasil mutu beton sesuai K rencana, dapat disimpulkan agregat gunung lolioge kabupaten donggala lebih baik dibanding agregat sungai puna kabupaten poso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Agregat, Beton, Kuat Tekan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 07 Feb 2020 02:45
Last Modified: 07 Feb 2020 02:46
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item