SISTEM PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH TERHADAP PENGAMANAN ASET DAERAH PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BPKAD) KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Yeser, Yeser (2018) SISTEM PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH TERHADAP PENGAMANAN ASET DAERAH PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BPKAD) KABUPATEN TOJO UNA-UNA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengelolaan barang milik daerah terhadap pengamanan aset daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tojo Una-Una serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang. Penelitian ini tnenggunakan metode campuran (Mixed Method), yaitu metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam tahapan proses pengumpulan data penelitian (Sugiyono, 2013:404), dengan teknik pengumpulan data raenggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan barang milik daerah yang dilakukan Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una secara keseluruhan telah dilakukan dengan maksimal dan sesuai dengan Sistem Pengelolaan Barang Milik Daerah sebagaimana yang diatur dalam PERMENDAGRI Nomor 19 Tahun 2016. Walaupun belum semua terlaksana dengan maksimal seperti keterlambatan penyampaian laporan pada tingkat pengguna barang (SKPD), Pemanfaatan Barang Milik Daerah hanya sebatas pada pemanfaatan pinjam pakai, pengamanan yang dilakukan BPKAD Kabupaten Tojo Una-Una tidak melakukan 'pengamanan hukum. Faktor penghambat dalam pelaksanaan Sistem Pengelolaan Barang Milik Daerah pada kasus ini adalah Faktor SDM, Komitmen Pemimpin, dan Faktor Penilaian aset tetap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem pengelolaan, pengamanan aset
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik > Administrasi Publik
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 07 Feb 2020 02:40
Last Modified: 07 Feb 2020 02:40
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item