PENGARUH PENERAPAN SELF ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KONSEP PENCEMARAN AIR KELAS X SMA NEGERI 2 POSO KOTA SELATAN

Mitrasari, Mitrasari (2018) PENGARUH PENERAPAN SELF ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KONSEP PENCEMARAN AIR KELAS X SMA NEGERI 2 POSO KOTA SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan self assessment terhadap hasil belajar siswa pada kelas X MIA SMA Negeri 2 Poso Kota Selatan. Penelitian ini termasuk kategori penelitian korelasional. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Poso Kota Selatan yang berjumlah 102 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa test dan angket. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis uji-t. Temuan hasil penelitian diperoleh nilai thjumg sebesar 3.235 dan Wbei sebesar 1,997, menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel, sehingga diputuskan untuk menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan self assessment menunjukkan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Poso Kota Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self assessment, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:34
Last Modified: 04 Feb 2020 03:34
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item