PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X DI SMA NEGERI 2 POSO

Mirnawati, Mirnawati (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X DI SMA NEGERI 2 POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada konsep ekosistem kelas X di SMA Negeri 2 Poso. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Poso yang berjumlah 102 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa test, menggunakan teknik analisis uji-t. Temuan hasil penelitian diperoleh nilai uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (2,960 > 1,997 ). Dengan demikian, dapat disimpulkan batiwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada konsep ekosistem kelas X di SMA Negeri 2 Poso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model problem based learning, kemampuan berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:29
Last Modified: 04 Feb 2020 03:29
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item