STUDI TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII DISEKOLAH SMP NEGERI 2 POSO PESISIR

Rade, Fatmawati (2018) STUDI TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII DISEKOLAH SMP NEGERI 2 POSO PESISIR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar konsep pencemaran lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Poso Pesisir. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII B. SMP Negeri 2 Poso Pesisir berjumlah 20 orang. Pengambilan sampel menggunakan proposive sampling. Data diperoleh melalui angket dan tes hasil belajar selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik presentase. Temuan hasil penelitian menunjukan bahwa persentase pada indikator tanggapan terhadap kegiatan pembelajaran diperoleh nilai 98% dengan kategori sangat baik, indikator materi uraian sesuai tujuan dan indikator pembelajaran diperoleh 97,5% dengan kategori sangat baik, indikator tanggapan terhadap pemahaman konsep diperoleh 100% dengan kategori sangat baik, indikator tanggapan terhadap mata pelajaran IPA diperoleh 95% dengan kategori sangat baik, indikator penerapan model pembelajaran diperoleh 100% dengan kategori sangat baik, dan indikator interaktif antara guru dan siswa diperoleh 95% dengan kategori sangat baik. Jika dilihat dari keseiuruhan indikator tanggapan siswa diperoleh nilai sebanyak 97,5% dengan kategori sangat baik. Jadi dapat disimpufkan bahwa model pembelajaran jigsaw ini dapat diterapkan didalam kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa disekolah. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya ketuntasan dari hasil belajar siswa diperoleh nilai 79% dan ketuntasan klasikal 100%. berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw ini juga sangat mendukung dalam proses pembelajaran IPA, khususnya pada konsep pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw,Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:17
Last Modified: 04 Feb 2020 03:17
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item