EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI I ULUBONGKA

Sulaekha, Sulaekha (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI I ULUBONGKA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Investigasi Kelompok berbasis pendidikan karakter kelas VIII SMP Negeri I Ulubongka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 42 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan B yang diambil dengan nenggunakan teknik Purposwe Sampling. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 21. Temuan hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen memiliki hasil posstest yang lebih tinggi dengan nilai ketuntasan rata-rata sebesar 87. Sedangkan kelas control hanya memiliki nilai rata-rata sebesar 79. Hal ini dikarenakan model Investigasi Kelompok menekankan pada pengalaman langsung melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Padaa hasil pofaitungan t tabel yaitu t hitung 3,456 > t tabel 2,02108 sehingga diputuskan untuk menerima Ha. Pada penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap model pembelajaran yang menggunakan model Investigasi Kelompok berbasis pendidikan, karakter terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri I Ulubongka Sehingga angat efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Investigasi Kelompok, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 04 Feb 2020 02:22
Last Modified: 04 Feb 2020 02:22
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item