ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISTEM EKSKRESI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TOJO

Asriati, Asriati (2018) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISTEM EKSKRESI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TOJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep konsep sistem ekskresi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tojo. Dengan jenis penelitian deskripstif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tojo dengan sampel seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Data diperoleh melalui tes hasil belajar penggunaan model pembelajaran inkuiri pada konsep sistem ekskresi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilhas dan dilanjutkan dengan uji persentase. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa pada konsep sistem ekskresi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terlihat dari 50 siswa, pada indikator pertama yang memperoleh persentase sebesar 76% dengan kategori sangat baik, pada indikator kedua sampai indikator keempat yang memperoleh persentase sebesar 57%, 64% dan. 55% dengan kategori baik. Maka secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman pada konsep sistem ekskresi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tojo berada pada kategori baik dengan persentase 63%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Sistem Eksresi, Model Inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 04 Feb 2020 02:16
Last Modified: 04 Feb 2020 02:16
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item