STUDI TENTANG LINGKUNGAN KELUARGA DAN PROSES BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 2 POSO KECAMATAN POSO KOTA UTARA

Yuliasih, Niluh Putu (2018) STUDI TENTANG LINGKUNGAN KELUARGA DAN PROSES BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 2 POSO KECAMATAN POSO KOTA UTARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lingkungan keluarga dan proses belajar siswa pada mala pelajaran IP A di SMP Negeri 2 Poso Kecamatan Poso Kota Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Poso Kecamatan Poso Kota Utara yang berjumlah 62 dan semua dijadikan sampel. Data dianalisis dengan menggunakan cara presentase. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kategori sangat baik terdapat pada indikator cara orang tua mendidik, hubungan kekeluargaan, pemahaman orang tua terhadap anak, keadaan ekonomi keluarga, latar belakang kebudayaan, cara mengikuti pelajaran, dan cara belajar kelompok. Kategori baik terdapat pada indikator suasana rumah, cara mengikuti praktek, cara belajar mandiri, cara mempelajari buku pelajaran, dan cara menghadapi ujian. Sedangkan kategori cukup baik terdapat pada indikator hubungan kekeluargaan dan cara belajar mandiri. Secara keseluruhan berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan rata-rata dapat di simpulkan bahwa lingkungan keluarga dengan persentase 81,13% berada dalam kategori sangat baik, sedangkan proses belajar siswa dengan persentase 79,51% berada dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Proses Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 04 Feb 2020 01:53
Last Modified: 04 Feb 2020 01:53
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item View Item