PENGARUH MODEL PEMBEIAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERINTEGRASI PEDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X MIA DI SMA NEGERI 1 TOJO

Kalangu, Masita S. (2018) PENGARUH MODEL PEMBEIAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERINTEGRASI PEDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X MIA DI SMA NEGERI 1 TOJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh model pembeiajaran koperatif tipe make a match terintegrasi pendidikan karakter terhadap hasil belajar biologi pada konsep ekosistem siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Tojo. Dengan jenis penelitian deskriptif dalam bentuk kuantitatif. Desain penelitian menggunakan posttest-only control group design. Penelitian ini diiaksanakan di SMA Negeri 1 Tojo dengan sampel siswa kelas X MIA 2 dan X MIA 3. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik group random sampling. Data diperoleh melalui tes hasil belajar penggunaan model pembeiajaran kooperatif tipe make a match terintegrasi pendidikan karakter dan tes hasil belajar metode konvensional pada konsep ekosistem. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji normal has, uji homogenitas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis. Temuan hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar dikelas kontrol sebesar 76,4 dan di kelas eksperimen sebesar 81,40. Hasil perhitungan nilai t diperoleh t hitung = 2,239 > t tabel - 2,0106, pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembeiajaran kooperatif tipe make a match terintegrasi pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem kelas X MIA di SMA Negeri 1 Tojo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembeiajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Pendidikan Karakter, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 04 Feb 2020 01:26
Last Modified: 04 Feb 2020 01:26
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item