EFEKTIFITAS PELAYANAN AIR MINUM PADA KELURAHAN KAWUA {ZONA 19} DAN KELURAHAN SAYO {ZONA 20} DI KOTA POSO

Keppa, Jumadin (2019) EFEKTIFITAS PELAYANAN AIR MINUM PADA KELURAHAN KAWUA {ZONA 19} DAN KELURAHAN SAYO {ZONA 20} DI KOTA POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
Judul.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penyediaan air bersih yang di sediakan oleh PDAM kota Poso khususnya pada kelurahan kawua dan sayo pada tahun 2019 baru mampu melayani 67,95 % penduduk. Sehingga terdapat sebagian penduduk kotaa poso yang belum terjangkau pelayanan air bersih perkotaan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengkaji kinerja pelayanan air bersih berbasis masyarakat. Metode penelitian mengkombinasikan antara kuantitatif dan kualitatif, melalui analisis kinerja yang di tinjau dari aspek operasional , keuangan, administrasi dan kepuasan pelanggan. Berdasarkan penilaian analisis kinerja ditemukan bahwa sisi penyelenggara meliputi aspek operasional, keuangan dan admistrasi di nilai berpredikat 'baik', dan "mampu berkembang", artinya mampu menjaga konsisten dan kualitas air bersih, mampu menghasilkan keuntungan untuk menjalankan kegiatan operasional, mempertahankan asset, membayar kewajiban pinjaman; serta pengelola mampu mempertahankan keberlanjutan pelayanan air bersih pada pelanggan dari kualitas pelayanan air. Nilai indeks kepuasan pelanggan (costumer satisfaction index) adalah 78,34% berada pada kategori "puas" , artinya pelanggan puas terhadap hamper semua atribut-atribut kualitas pelayanan air bersih dari penyelenggara pelayanan, walaupun belum semua sesuai harapan pelanggan. Analisis Importanse performance Analysis (IPA) menjelaskan atribut-atribut yang perlu di pertahankan kinerjanya yaitu kualitas fisik air, lokasi tempat pelayanan, kemampuan petugas administrasi/ keuangan,kecermatan petugas mencatat meter air, tariff air yang terjangkau, kelengkapan sambungan pelayanan, dankepastian biyaya yang di bayarkan. Akan tetapi masih terdapat atribut-atribut yang perlu di tingkangkatkan kinerjanya yaitu kualitas air, kontinuitas, kedisiplinana petugas distribusi air, cepat dan tanggap pada keluahan pelaangan , serta petugas mudah di hubungi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 03 Feb 2020 03:34
Last Modified: 03 Feb 2020 03:34
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year