PENGARUH PENILAIAN BERBASIS FORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA NEGERI 2 POSO

Ladado, Erlan Novry (2019) PENGARUH PENILAIAN BERBASIS FORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA NEGERI 2 POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
Judul.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penilaian berbasis fortofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi konsep sistem ekskresi kelas XI SMA. Negeri 2 Poso. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang berjumlah 95 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang dan siswa kelas XI MIA4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 24 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan rumus uji t. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Yaitu 86 untuk kelas eksperimen dan 76 untuk kelas kontrol. Selain itu nilai thitung > ttabel yaitu 3,158 > 2,010. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penilaian berbasis fortofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi konsep sistem ekskresi kelas XI SMA Negeri 2 Poso

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Berbasis Fortofolio, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:28
Last Modified: 20 Jan 2020 02:28
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item