KEPEMIMPINAN KEPALA DINAS TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN POSO

Karundeng, Janes Joudy (2019) KEPEMIMPINAN KEPALA DINAS TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN POSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
Judul.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (368kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengelahui bagaimana kepemimpinan kepala dinas terhadap efektivitas kerja aparatur sipil negara serta faktor-faktor yang menghambat efektifitas kerja pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso. Sedangkan lokasi penelitian ini adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif Kualitatif sedangkan jumlah informan adalah dua belas orang. Penelitian menggunakan tiga indikator yang menjelaskan tentang kepemimpinan kepala dinas terhadap efektivitas aparatur sipil Negara pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil, kepala dinas dalam Memberikan penjelasan dan Memberikan Motivasi dapat dilaksanakan dengan baik, Akan tetapi indikator dalam Penegakan Disiplin masih kurang sehingga ada beberapa pegawai yang belum melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara efektif. Tenndikasi juga bahwa pimpinan kurang tegas dalam menindak bawahan/staf yang kurang disiplin. Sebaliknya, para staf yang notabene adalah pembantu kepala dinas dalam mewujudkan tujuan organisasi, malah menunjukkan sikap ketidakpedulian terhadap pekerjaan yang dibebankan. Mengakibatkan terhambatnya efektivitas kerja dalam pelaksanaan tugas. Penutis menyarankan agar para Aparatur Sipil Negara untuk dapat membangun kesadaran diri dalam menjalankan tugas demi terwujudnya efektivitas kerja dalam organisasi tersebuL Dalam kondisi tersebut, disarankan pimpinan harus lebih tegas dalam penegakan disiplin pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Pimpinan perlu membangun kepercayaan bawahan dengan menerapkan sistem punish and reward bagi para staf. Sehingga diharapkan para bawahan dapat meningkatkan kesadaran diri mereka untuk mendisiplinkan diri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Karena dengan kepemimpinan yang baik akan menciptakan tenvujudnya efektivitas kerja Aparatur Sipil Negara di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Efektivitas
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik > Administrasi Publik
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:38
Last Modified: 14 Jan 2020 02:38
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item