KAJIAN PEMBANGUNAN TEMBOK PENAHAN TANAH OPRIT JEMBATAN IPI KECAMATAN BUNGKU TENGAH KABUPATEN MOROWALI

Ahmad, Fandi (2021) KAJIAN PEMBANGUNAN TEMBOK PENAHAN TANAH OPRIT JEMBATAN IPI KECAMATAN BUNGKU TENGAH KABUPATEN MOROWALI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (344kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (771kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (502kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)

Abstract

Jembatan belly sungai Ipi menghubungkan. wilayah Desa Ipi – Desa Bente dan desa-desa yang ada diskitarnya dengan bentang jembatan 70 meter. Jembatan belly sungai Ipi terbuat dari material kayu dan baja, material kayu difungsikan sebagai perancah dan sebagai plat lantai lalu material baja sebagai balok memanjang dan melintang. Kondisi jembatan belly sungai Ipi yang Sebagian besar terbuat dari material kayu saat ini telah rusak disebabkan sebagian besar material kayu telah lapuk dan arus sungai yang kuat, sehingga menyebabkan akses yang menghubungkan dua wilayah terputus. Adapun tujuan penulisan ini sesuai dengan rumusan masalah diatas adalah :1 Menganalisa gaya – gaya yang bekerja pada dinding penahan tanah untuk mendapatkan nilai momen yang bekerja. 2. Mengkaji stabilitas dinding penahan tanah terhadap guling, terhadap geser dan terhadap daya dukung tanah dalam aman. Dari hasil analisa perencanan tembok penahan tanah kantilever , penulis dapat mengambil kesimpulan antata lain : Besarnya gaya – gaya yang bekerja pada dinding penahan tanah tekanan tanah aktif a kibat beban merata tambahan (Pa1) sebesar Pa1=19,78227 kN Akibat tanah dibelakang dinding (Pa2) sebesar Pa2 = 103,3079 kN dan Tekanan Tanah Pasif sebesar Pp = 46,77293 kN, Momen pengguling Sebesar Mo= 335,7546 kNm. Perhitungan pembebanan sebaiknya dilakukan berdasarkan standar peraturan jembatan yang terbaru berdasarkan perubahan peraturan dari tahun ke tahun. Untuk itu perlunya pertimbangan tipe jembatan berdasarkan kondisi wilayah untuk perencanaann jembatan. Bentang menengah pada daerah terpencil sebaiknya menggunakan jembatan rangka baja tipe warren truss, karena bentuk struktur tidak terlalu rumit dan akan mempermudah pekerjaan dilapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 22 Mar 2022 01:48
Last Modified: 22 Mar 2022 01:48
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year